Tab / Navbar Menu

Sabtu, 05 Mei 2012

Kota Wina, Jantung Musik Dunia

Jantung Musik Dunia :
Tahukah Anda di mana kota musik dunia? Jawabannya adalah Wina, ibukota Austria. Tak ada satu kota pun yang bisa menyaingi lantunan musik klasik, jazz, waltz, pop, rock, hingga progressive yang bergema di tiap sudut kota.

Bagi Kota Wina, musik adalah oksigen. Wina tanpa musik adalah bumi tanpa hujan, pantai tanpa sinar mentari. Musisi dan komponis kelas wahid pernah tinggal di sini, sebut saja Ludwig van Beethoven yang menghabiskan sisa hidupnya dalam keadaan tuli. Wina adalah destinasi wajib, sekaligus impian, para traveler pecinta musik.

Coba sebutkan genre musik favorit Anda, maka Wina punya tempat untuk tiap jenis dan aliran. Mulai dari musik klasik hingga pop, rock, dan progressive, suara musik mengalun dari bulan pertama hingga terakhir. Bahkan, mengutip situs resmi Kota Wina pada Jumat (4/5/2012), ada sekitar 300 pertunjukan musik yang digelar tiap tahun. Itu berarti, pertunjukan musik berlangsung hampir tiap hari!

Bagi traveler pecinta musik klasik, Kota Wina adalah harga mati. Musikverein dan Vienna Konzerthaus adalah dua tempat untuk menikmati konser musik klasik ala bangsawan Eropa. Atau, Viennese Concert Cafe di mana Anda menikmati alunan piano Waltz King dan Johann Strauss sambil menyeruput teh dan menyendok Apple Strudel.

Tak ubahnya musik klasik, pertunjukan opera pun bertebaran di seluruh penjuru kota. Para traveler bisa menyambangi Theater an der Wien atau Vienna State Opera yang mewah. Satu pertunjukan yang tak boleh terlewat adalah Marionette Theater, tahu kan, pertunjukan boneka kayu seperti Pinokio itu? Anda bisa menonton Marionette Theater di Schonbrunn Palace, menyuguhkan lagu Magic Flute karya Mozart dan On The Beautiful Blue Danube karya Johann Strauss.

Traveler pecinta musik Jazz pasti menemukan denyut nadinya di kota ini. Wina menjadi tuan rumah festival jazz internasional seperti Vienna Jazz Festival dan Vienna Blues Spring. Kota kelahiran pianis Friedrich Gulda dan komponis Joe Zawinul ini punya sebuah klub jazz tertua yaitu Jazzland, yang telah buka lebih dari 30 tahun lalu.

Sementara itu, para penggemar musik pop dan rock akan disuguhkan konser musik live yang tak terlupakan. Dua tempat yang jadi persinggahan para musisi pop-rock adalah Vienna Stadthalle dan The Flex. Tempat yang disebut pertama itu punya bangunan berkonsep minimalis-modern yang megah, serta pernah jadi tempat "hinggap" Bryan Adams, Diana Krall, juga David Garrett. Sementara The Flex adalah tempat konser indoor yang penuh pencahayaan artistik. Tempat ini jadi pilihan Jamie Cullum dan Alice Cooper ketika menyanyi di depan audiens Kota Wina.

Untuk menggenapi wisata musik di Wina, hal terakhir yang harus dilakukan adalah belanja kaset atau CD musik. Tentunya bukan hal yang sulit, mengingat banyaknya toko musik yang tersebar di kota ini. Mulai dari toko kecil, hingga outlet besar super lengkap.

Record Shack yang terletak di Vienna-Margaeten, 5th District, punya berbagai koleksi genre. Teuchtler dan Tongues punya koleksi lengkap musik progressive, rock, dan reggae. Sementara musik techno dan disco ada di Substance Recordstore yang dilengkapi koleksi DVD dan buku tentang musik.

Selamat bertualang di jantung musik dunia! Kalau kata para musisi, "Happy eargasm!

Viennese Concert Cafe

Marionette Theater di Schonbrunn Palace

Pertunjukan musik klasik di Musikverein

Toko musik Teuchtler


Tidak ada komentar:

Posting Komentar